DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PELAKSANAAN IMUNISASI TETANUS TOXOID 2+ BERDASARKAN STANDAR PROSEDUR PELAYANAN IMUNISASI (Studi Di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Mataraman Dan Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Martapura Timur Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan SelatanTahun 2019)
PENGARANG:HERMAWAN JUNAIDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


Latar belakang: Cakupan imunisasi dengan kualitas yang tinggi maka ditetapkan kebijakan yang mempengaruhinya antara lain mengupayakan kualitas pelayanan yang bermutu seperti pelaksanaan pelayanan imunisasi sesuai dengan standar operasional prosedur pelayanan.

Tujuan: Mengetahui menggambarkan pelaksanaan imunisasi Tetanus Toxoid 2+ berdasarkan standar prosedur pelayanan imunisasi di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Mataraman dan Unit Pelaksana Teknis Puskemas Martapura Timur Kabupaten Banjar.

Metode: Penelitian deskriptif pada 33 responden di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Mataraman dan Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Martapura Timur Kabupaten Banjar.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan gambaran pelaksanaan imunisasi Tetanus Toxoid 2+ berdasarkan standar prosedur pelayanan imunisasi di puskesmas menunjukkan hasil 4 responden (100%) tidak standar dan di posyandu 29 responden (100%) tidak standar.

Diskusi: Dalam pelayanan imunisasi Tetanus Toxoid 2+ terdapat banyak item SOP yang tidak dilaksanakan sehingga perlu dilakukan pelatihan kembali terhadap petugas tentang pelayanan imunisasi yang baik dan tepat untuk meningkatkan kinerja.

Kata Kunci : Standar, Imunisasi, Pelaksanaan, Puskesmas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI