DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MELALUI PENDEKATAN BERMAIN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR KUDA-KUDA PESERTA DIDIK SDN ANGSAU 6 KECAMATAN PELAIHARI
PENGARANG:TOMMY FIRDAUS BACHLEVI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


ABSTRAK

 

Tommy Firdaus B. 2015,        Melalui Pendekatan Bermain Meningkatkan Hasil     Belajar Gerak Dasar Kuda-kuda Peserta Didik SDN Angsau 6             Kecamatan Pelaihari. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan      Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas           Lambung Mangkurat.             Pembimbing: (I) Dr.             Ma’ruful Kahri, M. Pd. (II)    Dr. H. Syamsul Arifin, M.Pd

 

Kata Kunci: Pendekatan bermain, gerak dasar kuda-kuda.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Angsau 6 Kecamatan Pelaihari menggunakan pendekatan bermain. Subjek penelitian berjumlah 21 orang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi proses pembelajaran pada 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan, observasi kegiatan guru oleh observer. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan cara interprestasi persentase berdasarkan hasil observasi pada setiap kegiatan penelitian yaitu Siklus I pertemuan 1 dan 2, dan Siklus II pertemuan 1 dan 2.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan guru dari 11 item dalam pembelajaran pada Siklus I pertemuan 1 63,6 % terlaksana, pada pertemuan 2, 72,7 % terlaksana, pada Siklus II pertemuan 1, 81,8 % terlaksana, sedangkan pada Siklus II pertemuan 2 kegiatan guru terlaksana sebesar 90,9 %. Untuk hasil belajar peserta didik terhadap pencapaian KKM yang ditetapkan sekolah sebesar 70, pada Siklus I pertemuan 1, terdapat 4,76% atau 1 orang peserta didik yang telah mencapai KKM, pada pertemuan 2, ada 28,57% atau 6 orang peserta didik yang mampu mencapai KKM. Pada Siklus II pertemuan 1, sebesar 61,90% atau 13 orang peserta didik telah mencapai KKM dan pada pertemuan 2, jumlah peserta didik yang mampu mencapai KKM adalah 18 orang atau 85,71% dari 21 orang peserta didik.

            Dari hasil yang telah ditunjukan dalam penelitian ini, maka penelitian ini dapat dinyatakan berhasil, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan demikian pendekatan bermain dalam pembelajaran merupakan sebuah solusi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran pada materi pembentukan gerak dasar sikap dan kuda-kuda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI