DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PENATALAKSANAAN REHIDRASI RUMAH TANGGA PADA BALITA DENGAN DIARE (Studi Wilayah Kerja Puskesmas Bantuil Kabupaten Barito Kuala)
PENGARANG:Rusmiyati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


Latar Belakang: Diare merupakan penyakit menular yang bisa menyebabkan kematian akibat kehilangan cairan, oleh karena buruknya dalam  penatalaksanaan rehidrasi di rumah. Pengetahuan dan sikap  ibu yang baik dalam penatalaksanaan rehidrasi  rumah tangga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian balita.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan penatalaksanaan rehidrasi rumah tangga pada balita dengan diare di Puskesmas Bantuil

Metode: Penelitian ini menggunakan korelasi dengan design case control populasi 1:1. Responden 41 ibu balita setiap kelompok diambil secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan, sikap dan penatalaksanaan rehidrasi rumah tangga pada balita dengan diare.

Hasil: Analisis data menggunakan uji chi square menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (p=0,0001, OR=13,000) dan sikap ibu (p=0,0001 dan OR=15,955 dengan penatalaksanaan rehidrasi rumah tangga pada balita dengan diare.

Diskusi: Penatalaksanaan balita dengan diare pada prinsipnya untuk mencegah terjadinya dehidrasi, hal ini bisa dilakukan di rumah sebagai awal rehidrasi dengan menggunakan cairan rumah tangga. Pengetahuan dan sikap ibu mempunyai peran penting dalam penatalaksanaan rehidrasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI