DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA SISWA SMK DARUSSALAM MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD TASYRIFIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


Latar belakang: Merokok merupakan masalah kesehatan dunia, dengan merokok mereka berusaha mendapatkan kenikmatan, kepercayaan diri yang tinggi, meningkatkan konsentrasi dalam menghadapi masalah. Berhenti merokok dipengaruhi oleh pengetahuan akan bahaya rokok disertai dengan keinginan dan motivasi yang kuat untuk melaksanakannya.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode audio visual terhadap motivasi berhenti merokok pada siswa SMK Darussalam Martapura.

Metode: Penelitian praekspremental pada 64 siswa yang merokok dengan menggunakan total sampling. Pengambilan data dilakukan pada 2 Desember 2019 dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon (α=0.05).

Hasil: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan metode audio visual terhadap motivasi berhenti merokok pada siswa SMK Darussalam Martapura dengan p value = 0,000.

Pembahasan: Pendidikan kesehatan menggunakan metode audio visual dapat meningkatkan motivasi untuk berhenti merokok karena dapat menstimulasi indera penglihatan dan indera pendengaran dengan menampilkan warna, gerak, dan suara sehingga meningkatkan ketertarikan dan fokus akan informasi yang disampaikan dengan membuahkan hasil peningkatan motivasi berhenti merokok yang signifikan. Pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual dapat menjadi sarana dalam membantu meningkatkan motivasi berhenti merokok.

 

Kata Kunci : Audio visual, merokok, motivasi, pendidikan kesehatan


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI