DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANCANGAN KADE DI PT DOK DAN PERKAPALAN KODJA BAHARI (PERSERO) SHIPYARD BANJARMASIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD SABDA A P
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


 

ABSTRAK

Dock adalah tempat untuk dilaksanakannya proses perbaikan kapal tanker mengenai hull, machinery, load line dan peralatan lainnya, sebagai upaya menjaga kondisi kapal laut agar tetap handal dan laik laut, berada di wilayah sebelah utara Pelabuhan Trisakti tepatnya pada PT. DOK dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) Shipyard Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Seiring dengan perkembangan perekonomian kelautan di Indonesia, PT. DOK Banjarmasin meningkatkan pelayanan survey kelaiklautan kapal untuk kapasitas yang lebih besar dari pada sebelumnya yang berkisar antara ± 5000 DWT hingga ±15.000 DWT dengan draft kapal terbesar 7,9 m. Dengan ini diperlukannya peningkatan kapasitas Struktur Dock khususnya pada bagian struktur Kade kapal agar mampu menahan gaya benturan dari kapal besar yang akan bersandar.

Metodologi dalam Peningkatan Struktur bagian Kade dibagi menjadi 4 elemen yaitu pada Struktur Dinding Penahan tanah, Tiang Lateral, Rubber Fender dan Bollard. Perencanaan Struktur Kade ini dimulai dengan analisa data sekunder berupa data sondir, data laboratorium, data Bathimetri dan data pengukuran topografi. Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan gaya-gaya yang bekerja pada tiap elemen Kade, perhitungan momen pada turap, perhitungan daya dukung tiang lateral terhadap gaya Berthing Force dan Mooring Force, perhitungan kapasitas energi Rubber Fender, perhitungan kapasitas boulder terhadap kapal yang bersandar dan analisa stabilitas lereng menggunakan aplikasi Bentley GeoStructural 2019. Kemudian dilakukan perancangan seluruh elemen kontruksi Kade, merencanakan anggaran biaya dan membuat Detail Engineering Design (DED).

Dari hasil perancangan, didapatkan profil turap beton CCSP W-450-B-1000 dengan panjang total turap 15 meter dan MMaks = 31,484 t.m < Cracking moment = 31,33 t.m (dinyatakan aman), Slope Stability Sf   = 3,25 > 1,50 (dinyatakan aman), 7 buah tiang pancang pipa baja berdiameter 406,2 mm dengan kedalaman 36 m dan Sf = 1,52 > 1,5 (dinyatakan aman), Karet fender dengan tipe AD ARCH Rubber Fendder Ad 250-G1 (Energi Fender = 15,2 Kn.m  > Ef  = 8,89 Kn.m (dinyatakan aman) dan Boulder dengan tipe T - Head Bollard kapasitas 30 ton (Standar kapasitas boulder = 30 ton ? H = 17,68 ton dinyatakan aman), Rencana anggaran biaya total dalam perencanaan pembangunan Kade adalah Rp. 2,268,970,000.00.-

Kata kunci: Dock Kapal, CCSP, Tiang pancang pipa baja, BollardFender, Slope Stability.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI