DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR PERILAKU ORANG TUA DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA (Studi Wilayah Kerja Puskesmas Bahaur Hilir Kecamatan Kahayan Kuala )
PENGARANG:Henny Octavia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


Latar Belakang : Imunisasi Measles Rubella bertujuan melindungi anak dari penyakit campak dan rubella. Orang tua memiliki peran penting dalam pencapaian imunisasi pada anaknya.

Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor-faktor perilaku orang tua dengan pemberian imunisasi measles rubella di wilayah kerja Puskesmas Bahaur Hilir.

Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan Case Control Study dengan pendekatan retrospektif. Analisa menggunakan uji Chi Square dan dilakukan pada 120 ibu yang memiliki anak usia 9 bulan - usia < 15 tahun, dibagi kedalam 2 kelompok yakni Kasus (n=60) dan kontrol (n=60) menggunakan teknik accidental sampling.

Hasil : Dari penelitian ini didapatkan hasil faktor pendidikan, umur, pekerjaan, pengetahuan dan sikap tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pemberian imunisasi measles rubella (P-value = 0,059; 0,355; 1,000; 0,364, 0,496). Faktor dukungan keluarga menunjukkan ada hubungan dengan pemberian imunisasi measles rubella (p-value 0,00006) dan OR (5,107).

Diskusi : Pemberian imunisasi measles rubella tidak berhubungan dengan status pendidikan, umur, pekerjaan, pengetahuan dan sikap ibu. Dukungan keluarga merupakan salah satu faktor penting yang akan mendorong orang tua untuk melakukan imunisasi measles rubella.

 

Kata kunci : vaksin, faktor predisposisi, faktor pendorong

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI