DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DIAGRAM BATANG MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 BIRAYANG
PENGARANG:MU ARIF AMBARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-20


PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPADA MATERI DIAGRAM BATANG MATA PELAJARAN MATEMATIKA

KELAS IV SDN 1 BIRAYANG

 

Oleh:

Mu’arif Ambari

NIM A1F215007

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran “diagram batang” pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 1 Birayang, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran materi “diagram batang” mata pelajaran Matematika (3) mengetahui pengaruh media pembelajaran “diagram batang” dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 1 Birayang.

Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model penelitian Borg and Gall. Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) tahap pengumpulan informasi, 2) tahap perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal (perorangan), (5) revisi tahap 1 (6) uji coba skala kecil, (7) revisi tahap II, (8)uji lapangan besar, (9) revisi akhir, (10) diseminasi dan implementasi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian untuk para ahli, kuesioner (angket) untuk siswa. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi, guru dan siswa, serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi, guru dan siswa data dianalisis secara deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengukur pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar adalah pretest dan posttest.

Hasil penelitian ini adalah (1) 1 buah CD (Compact Disk) berisi multimedia pembelajaran Matematika materi diagram batang berformat flash movie (.swf) dengan ukuran file sebesar 42 MB (Megabyte), media pembelajaran dapat dibuka dengan berbagai macam Operating System (sistem operasi) pada komputer. (2) Hasil kelayakan multimedia pembelajaran diagram batang adalah sebagai berikut: penilaian ahli media diperoleh persentase kelayakan 97,1% atau sangat layak sedangkan penilaian ahli materi diperoleh persentase kelayakan 92,85% atau sangat layak. (3) Uji coba lapangan untuk multimedia pembelajaran diagram batang dilaksakan 3 kali. Pertama uji coba lapangan awal memperoleh persentase sebesar 88,88% atau sangat layak, kedua, uji coba lapangan kecil diperoleh persentase sebesar 90,44% atau sangat layak dan ketiga adalah uji coba lapangan besar diperoleh persentase sebesar 91,71 atau sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa multimedia pembelajaran diagram batang mata pelajaran Matematika untuk pembelajaran di SDN 1 Birayang layak digunakan sebagai media pembelajaran. (4) Kemudian untuk hasil belajar, nilai pretest memperoleh rata-rata 68,57 sedangkan posttest diperoleh nilai rata-rata 90,36. Dari analisa nilai tersebut membuktikan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran materi Diagram Batang dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 1 Birayang.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, diagram batang.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI