DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Model Think Pairs Share Dan Course Review Horay Pada Kelas III SDN Pematang Baru Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar
PENGARANG:JAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-28


Kata Kunci : HasilBelajar, Perkalian dan Pembagian, Think Pairs Share dan Course Review Horay.

 

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SDN Pematang Barupada siswa kelas IIIyang mengalami permasalahan pada metode pembelajaran dimana guru lebih mendominasi pembelajaran,sehingga kurangnya keterlibatan anak dalam pembelajaran perkalian dan pembagian yang diikuti rendahnya motivasi anak sehingga siswa menjadi pasit, tidak kreatif yang berdampak pada rendahnya hasil belajar Matematika. Hal ini disebabkan pembelajaran belummenyajikan kegiatan yang bermuatan dalam keterlibatan anak. Oleh karena itu kombinasi model Think Pairs Share dan Course Review Horayditempuh untuk pembelajaran yang lebih melibatkan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pairs Share dan Course Review Horaypada siswa kelas IIISDN Pematang Baru Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjarpada materi perkalian dan pembagian.Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pematang Barupada semester dua (genap) tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIyang berjumlah 20 orang terdiri dari 10 siswa dan 10 siswi. Cara pengambilan data dengan teknik observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang digali dengan tes akhir belajar setiap pertemuan. Indikator keberhasilan yaitu siswa dianggap tuntas jika mencapai nilai 66 dan secara klasikal diperoleh sekurang-kurangnya 81% dari seluruh siswa memperoleh nilai 66.Hasil ini menunjukkan aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik bermula pada siklus I hanya 19 dengan kriteria baik kemudian meningkat pada siklus IImenjadi 24 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas Siswa terjadi peningkatan keaktifan dengan kriteria hampir semuanya aktif yang semula siklus I hanya 37,85% meningkat menjadi siklus II85,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa dengan kombinasi model pembelajaran Think Pairs Share dan Course Review Horay. Sehingga kombinasi model pembelajaran Think Pairs Share dan Course Review Horaydisarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti agar dapat digunakan sebagai rujukan alternatif model-model pembelajaran yang inovatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI