DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI PROGRAM REVITALISASI USAHA EKONOMI MASYARAKAT PERAIRAN RAWA BERBASIS PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN DI DESA PINANG HABANG KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


 INTISARI

Penelitian kualitatif yang digali yaitu berjudul identifikasi program revitalisasi usaha ekonomi masyarakat perairan rawa berbasis pengolahan hasil perikanan di Desa Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tahapan dalam program revitalisasi yaitu; Sosialisasi, pemberian dana, pelatihan, pendampingan dan tahapan terakhir evaluasi. Pengolahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, sumber data didapatkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan berdasarkan dokumen Badan Restorasi Gambut (BRG). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data yaitu berdasarkan hasil wawancara dari tiga informan kunci yang mengikuti program,reduksi data untuk memilih, membuang dan menyusun data dalam suatu cara yang dituangkan dalam sebuah hasil penelitian, penyajian data dilakukan dengan cara deskriptif yang dapat mempermudah gambaran seluruhnya atau bagian tertentu dari aspek penelitian yang dituangkan dalam pembahasan hasil penelitian,dan terakhir penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan tahapan kegiatan dalam program terdiri dari tahap sosialisasi, kegiatan ini diadakan 2 kali oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) yang melibatkan masyarakat sebagai dasar untuk memberikan pemahaman tentang pengembangan pengolahan hasil perikanan dan penentuan paket program serta melakukan kesepakatan untuk menjalankan program.Tahap pemberian dana dalam program juga telah dilaksanakan Badan Restorasi Gambut (BRG) pada masyarakat dan memberikan peralatan lengkap untuk keperluan dalam pengolahan. Tahap pelatihan dalam program telah terlaksana dengan satu kali pelatihan, pelatihan yang diberikan yaitu penyuluhan teknis pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan rawa,pengolahan beberapa jenis produk olahan berbahan dasar ikan lokal yang bisa dikembangkan masyarakat antara lain ikan sepat kering berbumbu, kerupuk ikan gabus dan abon dari ikan gabus. Tahap pendampingan dalam program tidak terlaksana karena Badan Restorasi Gambut (BRG) menganggap masyarakat sudah bisa mandiri, tetapi kegiatan ini tidak terlepas dari pengawasan dinas kesehatan daerah untuk memberikan penyuluhan tentang pangan. Tahap Evaluasi dalam program dapat terlaksana, masyarakat terlibat dalam mengevaluasi program dan mendapatkan kesepakatan untuk tetap menjalankan program.

 

 

Kata Kunci : Identifikasi, Program Revitalisasi Ekonomi, Pengolahan Perikanan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI