DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Mata Kuliah Prasyarat Terhadap Implementasi Penilaian Akhir Peserta Praktik Pengalaman Lapangan Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:TATI HARDIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


Tati Hardiati 2019Pengaruh Penilaian Akhir Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Suratno., M.Pd sebagai Pembimbing I dan Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd sebagai pembimbing II).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan berdasar hasil penilaian akhir guru pamong dan dosen.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 300 mahasiswa berasal dari 17 program studi di FKIP ULM. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptifdilanjutkan dengan regresi  berganda dan korelasi parsial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hubungan mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan dengan penilaian tengah semester dari dosen sangat signifikan (4,230;p<0,01). (2) Hubungan mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan dengan penilaian tengah semester dari guru pamong sangat signifikan (4,230;p <0,01). (3) Hubungan mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan dengan penilaian tengah semester gabungan dari dosen dan guru pamong sangat signifikan (5,841 ;p<0,01). (4) Hubungan mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan dengan penilaian akhir aspek penilaian akhir semester dari dosen sangat signifikan (3,446 ;p<0,01). (5) Hubungan mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan dengan penilaian akhir aspek penilaian akhir semester dari guru pamong sangat signifikan (2,194 ;p<0,01). (6) Hubungan mata kuliah prasyarat praktik pengalaman lapangan dengan penilaian akhir aspek penilaian akhir semester gabungan dari dosen dan guru pamong sangat signifikan (2,817 ;p<0,01). Determinan penilaian akhir yang bersumber dari guru pamong untuk tengah semester 6,7%; dari dosen 7.2%; dan gabungan guru pamong dan dosen 9%, determinan penilaian akhir yang bersumber dari guru pamong untuk akhir semester 5,5%; dari dosen 3,6%; dan gabungan guru pamong dan dosen 4,6%.

 

Kata Kunci: mahasiswa peserta praktik pengalaman lapangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI