DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS PELAYANAN PADA PENERBANGAN KELAS BISNIS PT. GARUDA INDONESIA
PENGARANG:HAFIZ RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah hak-hak konsumen telah dilanggar pada penerbangan kelas bisnis PT. Garuda Indonesia serta untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab pelaku usaha PT. Garuda Indonesia terhadap hak-hak konsumen pada penerbangan kelas bisnis. Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa : Pertama, Hak-hak konsumen dalam penerbangan yang dilakukan oleh Garuda Indonesia adalah mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan jenis kelas penerbangan. Pelayanan yang diberikan selama penerbangan oleh Garuda Indonesia adalah pelayanan dengan standar maksimum (full services), yaitu pelayanan maksimal yang diberikan kepada penumpang selama penerbangan dan sesuai dengan jenis kelas penerbangan yang telah dipilih penumpang. Dalam penerbangan yang dilakukan oleh Garuda Indonesia, terdapat hak-hak penumpang kelas bisnis yang tidak dilaksanakan oleh Garuda Indonesia. Hak-hak penumpang kelas bisnis Garuda Indonesia telah dilanggar karena Garuda Indonesia tidak memenuhi hak-hak konsumen yang tertera dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen serta tidak memberikan pelayanan yang sesuai terhadap penumpang kelas bisnis. Kedua, Pelaku usaha bertanggung jawab terhadap konsumen yang memakai produk barang dan/atau jasa yang diproduksinya. Tanggung jawab PT. Garuda Indonesia terhadap hak konsumendalam pelayanan selama penerbangan kepada penumpang kelas bisnisPT. Garuda Indonesia adalahmemberikan kenyamanan terhadap konsumen dan memberikan pelayanan maksimum kepada penumpang selama penerbangan sesuai dengan jenis kelas penerbangan, serta memberikan jasa sesuai dengan nilai tukar yang telah dibayarkan konsumen.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Pelayanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI