DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETNSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI, SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN (Studi Empiris pada Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dan Pengadilan Agama Se Wilayah Kalimantan Selatan)
PENGARANG:ANNISA OKTAVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

 

 

Annisa Oktaviani, C2C113004, 2019. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern dan Komitmen Organisasi terhadap Akuntabilitas Keuangan. Tesis. Program Magister Manajemen Kekhususan Akuntansi Pemerintahan/Pengawasan Keuangan Negara Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Wahyudin Nor, SE., M.Si., Ak., CA., CSRA. Pembimbing II: Dr. Novita W. Respati, SE., M.Si., Ak., CA.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, sistem pengendalian intern dan komitmen organisasi terhadap akuntabilitas keuangan (Studi Empiris pada Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dan Pengadilan Agama Sewilayah Kalimantan Selatan).

Jenis penelitian ini adalah asosiatifkausal dengan penelitian survei secara online dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner melalui google form. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengelola keuangan (Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Penandatanganan SPM, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan dan Operator) pada Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin dan Pengadilan Agama yang ada dibawahnya. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sehingga didapatkan total sampel 78 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas keuangan, pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap akuntabilitas keuangan, sistem pengendalian intern berpengaruh positif terhadap akuntabilitas keuangan dan komitmen organisasi tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas keuangan.

 

Kata Kunci

:

Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern, Komitmen Organisasi, Akuntabilitas Keuangan

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI