DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM PADA KANTOR PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:Andreas Mantho Basheer
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-24


Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Perpustakaan
Perpustakaan Umum adalah salah satu lembaga yang melayani seluruh
lapisan masyarakat dengan menyediakan berbagai informasi, ilmu pengetahuan,
teknologi dan budaya sebagai sumber belajar bagi seluruh lapisan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan Kualitas
Pelayanan Perpustakaan Umum Pada Kantor Perpustakaan, Arsip Dan
Dokumentasi Kabupaten Murung Raya dan mengetahui apa saja faktor
penghambat kualitas pelayanan perpustakaan umum pada Kantor Perpustakaan,
Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Murung Raya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih adalah para pengguna
layanan perpustakaan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh
secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh secara tidak
langsung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dideskripsikan dan
dianalisa dengan teknik analisis deskriptif yang memberikan gambaran mengenai
perpustakaan umum pada Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi
Kabupaten Murung Raya.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan umum pada
Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Murung Raya dapat
dikatakan cukup berkualitas, hal ini terlihat dari indikator-indikator : Berwujud
(Tangibles), Keandalan (Reliability), Keresponsifan (Responsiveness), Jaminan
(Assurance) dan Empati (Empathy). Kendala yang dihadapi yaitu faktor Fasilitas
dan Saranan Prasarana yang masih kurang memadai, faktor Sumber Daya
Manusia dan faktor Kurangnya Koleksi Buku.
Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Kantor Perpustakaan,
Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Murung Raya khususnya dalam hal
pelayanan perpustakaan untuk dapat merekrut tenaga fungsional pustakawan serta
memperhatikan dan menangani kendala-kendala yang dihadapi, dengan
melakukan perencanaan yang lebih baik. Berawal dari perencanaan yang baik
diharapkan partisipasi masyarakat muncul dan pelayanan perpustakaan umum
berdampak optimal serta memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat
pengguna layanan perpustakaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI