DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Ritel Modern Kelurahan Sungai Miai Kota Banjarmasin
PENGARANG:FAHMI RIZALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

 

FAHMI RIZALDI, D1B115211, 2019 “Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Ritel Modern Kelurahan Sungai Miai Kota Banjarmasin”. Di bawah bimbingan H. Saifudin selaku pembimbing I dan Abdurrahman pembimbing II.

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap pengurangan penggunaan kantong plastik di ritel modern Kelurahan Sungai Miai Kota Banjarmasin. Metode penelitian pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu implementasi kebijakan menurut George C Edward III dalam buku Riant Nugroho yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi (sikap pelaksana), struktur birokrasi. Yang menjadi informan kunci adalah Kepala Seksi (Kasi) Tata Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Koordinator Satgas Sistem Hitung Cepat (Situpat) Kecamatan Banjarmasin Utara, Pemilik Usaha Ritel Modern Kelurahan Sungai Miai,Konsumen Ritel Modern Kelurahan Sungai Miai, kemudian data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik di ritel modern Kelurahan Sungai Miai Kota Banjarmasin kurang optimal. Dilihat dari indikator komunikasi sudah berjalan dengan optimal dan masyarakat sudah memahami melalui sosialisasi yang telah disampaikan dan kebijakan ini sudah berjalan dengan konsisten dengan dasar hukumnya. Sumber Daya, kurang optimal dilihat dari staf yang kurang memadai serta fasilitas pendukung dapat dikatakan sudah memadai. Disposisi (sikap pelaksana), sudah berjalan dengan optimal. Pelaksana kebijakan dalam melaksanakan kebijakan sudah bertanggung jawab dan sudah disiplin. Pelaksana kebijakan mendapatkan insentif dalam melaksanakan program atau kebijakan. Struktur Birokrasi, tidak optimal. Dilihat dari belum adanya Standar Operasional Prosedur khusus mengenai pengurangan penggunaan kantong plastik.

Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin perlu membuat SOP tentang tidak boleh membawa kantong plastik untuk berbelanja, digantikan dengan bakul atau tas kain, dan kepada petugas sistem hitung cepat Kecamatan Banjarmasin Utara yang berada dilapangan untuk menambah sumberdaya manusia dari jumlah 8 orang ditambah 5 orang serta direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya perlu meneliti dan lebih mendalami masalah kebijakan dan strategi partisipasi masyarakat dalam pengurangan penggunaan kantong plastik.

Kata Kunci : Implementasi, Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI