DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Rerurn On Assets (ROA) pada sektor perbankan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Periode 2014-2018
PENGARANG:TRI WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

 

Tri Wulandari, D1A215030, 2019, Pengaruh Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) Pada Sektor Perbankan dengan studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2014-2018. Dibawah bimbingan Sugiharto.

 

Sektor perbankan memegang peranan penting dalam stabilisasi perekonomian negara. Perekonomian negara yang baik tercermin dari kemajuan bank negara tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari total aset seluruh kelompok bank yang semakin meningkat tiap tahunnya di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Sektor Perbankan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dengan studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa (OJK) Periode 2014-2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tipe penelitian yang digunakan adalah asosiatif, sampel yang digunakan yaitu sepuluh Bank Umum Swasta Nasional devisa dengan total aset tertinggi dengan menggunakan variabel Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) sebagai variabel bebas dan Return On Assets (ROA) sebagai variable terikat dari tahun 2014-2018 dengan menggunakan alat uji SPSS 25. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil Penelitian membuktikan bahwa Non Performing Loan (NPL) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan sumbangan efektif sebesar 48% sehingga hipotesis pertama diterima. Loan to Deposit Ratio (LDR) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan sumbangan efektif sebesar 0,3% sehingga hipotesis kedua ditolak. Capital Adequacy Ratio (CAR)secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan sumbangan efektif sebesar 22% sehingga hipotesis ketiga diterima. Secara simultan Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR)  berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) sebesar 70,3% sehingga hipotesis keempat diterima.

 

 

Kata kunci: Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR)  dan Return On Assets (ROA).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI