DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI STABILITAS LERENG DAN PENANGANNYA PADA RUAS JALAN BTS. KOTA BALIKPAPAN - SP. SAMBOJA KM 6
PENGARANG:MUHAMMAD ZAIN RADHY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


EVALUASI STABILITAS LERENG DAN PENANGANNYA PADA RUAS JALAN BTS. KOTA BALIKPAPAN – SP. SAMBOJA KM6

Oleh :

M. Zain Radhy

Pembimbing :

Ir. Adriani, MT

 

RINGKASAN

Turap yang dipasang di ruas jalan batas kota Balikpapan – simpang Samboja KM 6, di ruas jalan Soekarno Hatta kecamatan, Balikpapan Utara. Jalan ini berfungsi untuk menopang beban aktif jalan raya, terdapat permasalahan yaitu turap eksisting mengalami deformasi, oleh karena itu diperlukan adanya penanganan yang tepat terhadap konstruksi turap tersebut.

Penanganan terhadap turap eksisting ini dimulai dengan analisa data sekunder berupa data bor mesin dan data laboratorium. Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan gaya-gaya yang berkerja pada turap, analisa stabilitas lereng, perhitungan daya dukung tiang. Selanjutnya mengaplikasikan turap eksisting dengan jangkar dan menghitung anggaran biaya.

Dari hasil analisa didapatkan kedalaman turap yaitu 9 meter dengan panjang total 12 meter, menggunakan profil turap bentuk U YSP-II dengan tahanan momen 869 cm3, dari hasil analisa kelongsoran dengan Geostudio 2012 SLOPE/W berdasarkan data tanah memakai Cu Residual didapat angka keamanansebesar 1,729 > 1,5. Selanjutnya dianalisa turap dipasang jangkar menggunakan baja Bj 37 (FE. 360) dengan tegangan ultimit 2400 kg/cm2,diameter 50 cm dan panjang 1 m. Dari hasil analisa diperoleh lendutan tiang sebesar 2,69 cm < 3,8 cm, maka konstruksi dinyatakan aman. Berdasarkan perhitungan volume dan harga satuan pekerjaan, penanganan ini memerlukan biaya sebesar Rp. 1.001.558.000.

 

Kata kunci : longsoran, stabilitas lereng, turap, jangkar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI