DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON-PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN (Periode 2014-2018)
PENGARANG:EVA RULIASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

 

Eva Ruliasari, D1A215211, (2019), Pengaruh Capital Adequacy Ratio(CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Loan to Deposit Ratio(LDR)dan Non-Performing Loan(NPL)Terhadap Return on Asset (ROA)Bank BUMNyang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (Periode 2014-2018). Di bawah bimbingan Sugiharto.

 

Perbankan memiliki peranan penting bagi kegiatan perekonomian. Jika berada dalam perekonomian yang sulit, maka akan terjadi perubahan yang begitu cepat dan dapat mempengaruhi kinerja bank, seperti halnya yang terjadi pada Bank BUMN meskipun total aset ditiap tahunnya meningkat tetapi  justru Return on Asset (ROA) beberapa bank mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial dan simultan Capital Adequacy Ratio(CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Loan to Deposit Ratio(LDR)dan Non-Performing Loan(NPL)Terhadap Return on Asset (ROA)Bank BUMNyang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (Periode 2014-2018).

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif bentuk kausal. Sampel penelitian ini adalah laporan rasio keuangan Bank BUMN periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan Teknik Purposif Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial Capital Adequacy Ratio(CAR) tidak bepengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan nilai sig 0,361 > 0,05, maka kesimpulannya H1 ditolak. Debt to Equity Ratio (DER) tidak bepengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan nilai sig. 0,667 > 0,05, maka kesimpulannya H2 ditolak. Loan to Deposit Ratio(LDR) tidak berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA)dengan nilai sig 0,232 > 0,05, maka kesimpulannya H3 ditolak. Non-Performing Loan(NPL) berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan nilai sig. 0,03 < 0,05, maka kesimpulannya H4 diterima. Secara simultan variabel Capital Adequacy Ratio(CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Loan to Deposit Ratio(LDR), Non-Performing Loan(NPL) berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan nilai sig. 0,000b < 0,05 dan kontribusi sebesar 80,2%, maka kesimpulannya H5 diterima.

 

 

Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio(CAR), Debt to Equity Ratio (DER), Loan to Deposit Ratio(LDR), Non-Performing Loan(NPL) dan Return on Asset (ROA).

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI