DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI DALAM UPACARA BADUDUS PADA MASYARAKAT BANJAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:Murliana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


 

ABSTRAK

Murliana. 2019. Nilai-nilai dalam Upacara Badudus pada Masyarakat Banjar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing II: Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

Masyarakat Banjar memiliki adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun, satu diantaranya terdapat pada saat pelaksanaan acara perkawinan yang disebut badudus. Badudus yaitu kegiatan membersihkan diri calon pengantin dengan tujuan agar terhindar dari gangguan roh jahat. Pada upacara badudus terdapat nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS agar peserta didik mempunyai sikap dan perilaku yang baik, nilai tersebut diantaranya adalah nilai religius, kebersihan, keindahan, dan peduli sosial yang dapat diintegrasikan sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pelaksanaan upacara badudus di masyarakat Banjar, mendeskripsikan nilai-nilai dalam upacara badudus, serta mendeskripsikan nilai dalam upacara badudus yang diintegrasikan dalam pembelajaran IPS sebagai sumber belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang melalui pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check.

Hasil penelitian: 1) Upacara badudus dilakukan sebelum acara perkawinan oleh calon pengantin, yang terdapat tahapan-tahapan yakni menyediakan alat dan bahan yang diperlukan, selanjutnya calon pengantin dimandikan oleh tetua kampung menggunakan air dari bermacam-macam bunga seperti mawar, melati, kenanga dan lainnya, selanjutnya melakukan tapung tawar serta selamatan bersama masyarakat yang datang. 2) Nilai yang terdapat dalam upacara badudus yaitu nilai religius, nilai kebersihan, nilai keindahan dan nilai peduli sosial. 3) Integrasi nilai dalam upacara badudus sebagai sumber belajar IPS yaitu pada silabus mata pelajaran IPS kelas VIII semester II pada materi pembelajaran faktor pendorong mobilitas sosial dan pluralitas. Nilai-nilai tersebut dijadikan sebagai sumber belajar IPS di dalam kelas oleh guru agar peserta didik memahami budaya lokal yang ada di lingkungan sekitar.

Kesimpulan dari penelitian adalah upacara badudus merupakan adat yang dilakukan oleh masyarakat Banjar sebelum melaksanakan perkawinan, yang di dalamnya terdapat nilai religius, kebersihan, keindahan, dan peduli sosial yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran IPS sebagai sumber belajar pada materi pembelajaran faktor pendorong mobilitas sosial dan materi pluralitas.

 

Kata Kunci: Nilai, upacara badudus, masyarakat banjar, sumber belajar IPS.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI