DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN STATUS ANEMIA PADA IBU HAMIL TERHADAP KEJADIAN BBLR DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:NUR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


Latar Belakang: BBLR adalah bayi yang terlahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram tanpa memandang usia gestasi. Salah satu penyebab BBLR adalah anemia pada ibu hamil dimana pada saat terjadi anemia tubuh ibu akan kekurangan hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan anemia ibu hamil  terhadap kejadian BBLR di RSUD ratu zalecha martapura.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan observasional analitik  dengan pendekatan case control. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 34 responden. instrumen penelitian berupa lembar isian kuesioner  dan timbangan bayi. Analisa data menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0.05).

Hasil: Adanya hubungan antara status anemia pada ibu hamil dengan kejadian BBLR dI RSUD ratu zalecha Martapura, dengan niIai p-vaIue sebesar 0,015, dan Odds Ratio sebesar 8.556.

Pembahasan: Anemia merupakan salah satu faktor penyebab dari BBLR ( Bayi Berat lahir Rendah) Kemudian masih ada faktor-faktor  lain yang dapat mempengaruhi kejadian BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah) seperti usia, paritas, status gizi, dll. 

Kata-kata kunci: status anemia, berat bayi lahir rendah (BBLR)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI