DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KERENTANAN BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MARTAPURA
PENGARANG:SITI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


Banjir merupakan peristiwa dimana daratan yang biasanya kering menjadi tergenang oleh air  atau tinggi muka air yang melebihi normal pada sungai dan meluap yang disebabkan  oleh curah hujan yang tinggi dan kondisi topografi wilayah yang rendah dan cekungan.Tujuan penelitian ini mengidentifikasi sebaran potensi daerah yang rentan bencana banjir dan menganalisis tingkat kerentanan banjir di Kecamatan Martapura.

Penelitian ini menggunakan metode overlay dengan scoring antara parameter-parameter yang ada, parameter yang digunakan adalah data kemiringan lereng, curah hujan, dan penggunaan lahan, ketinggian lahan, dan kerapatan sungai, dimana setiap parameter dilakukan proses scoring dengan pemberian bobot dan nilai yang sesuai dengan pengklasifikasiannya masing-masing yang kemudian dilakukan overlay menggunakan software ArcGIS 10.3. Penggunaan software ini memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dapat menjelaskan dan mempresentasikan objek daerah rentan banjir dalam bentuk digital.

Hasil penelitian yang diperoleh berupa peta rentan banjir yang terdiri dari tiga kelas kerentanan banjir yaitu : kelas tidak rentan, rentan dan kelas sangat rentan dimana lokasi yang sangat rentan tersebar sebagian wilayah Kecamatan Martapura 1401,95 Ha atau sekitar 26,14% berkategori sangat rentan. Kelas kerentanan banjir rentan dengan luas 3874,6 Ha atau 72,25% dan kategori tidak rentan dengan luas paling kecil yaitu 84,60 Ha atau 1,58% dari seluruh luas wilayah Kecamatan Martapura.

Kata Kunci: Banjir, Sistem Informasi Geografis, Kecamatan Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI