DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGAFI SISWA SMA NEGERI 1 KURAU DAN SMA NEGERI 1 BUMI MAKMUR
PENGARANG:DESY ISWAYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


INTISARI

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi siswa SMA Negeri 1 Kurau dan SMA Negeri 1 Bumi Makmur. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar intrinsik 20 soal dan motivasi belajar ekstrinsik 13 soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Kurau dan SMA Negeri 1 Bumi Makmur.

Motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa di SMA Negeri 1 Kurau tergolong sedang hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar intrinsik siswa SMA Negeri 1 Kurau adalah sebesar 75% dan motivasi belajar ekstrinsik sebesar 67%. Motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik di SMA Negeri 1 Bumi Makmur juga tergolong sedang dengan nilai persentase motivasi belajar instrinsik 74% dan motivasi belajar ekstrinsik 72%.

Hasil perhitungan analisis data di SMA Negeri 1 Kurau menunjukan nilai rhitung> rtabel (0,501>0,1449) dan harga sig. (2-tailed)< nilai probabilitas (0,000>0,05) yang menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kurau. Besarnya pengaruh motivasi belajaar terhadap hasil belajar mata pelajaran Geografi menunjukan angka 28,2% dengan 71,8% nya dipengaruhi oleh faktor lain seperti . Hasil perhitungan analisis data di SMA Negeri 1 Bumi Makmur menunjukan nilai rhitung > rtabel (0,448>0,1181) dan harga sig.(2-tailed)<nilai probabilitas (0,000>0,05) yang menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bumi Makmur. Besarnya pengaruh motivasi belajaar terhadap hasil belajar mata pelajaran Geografi menunjukan angka 22,8% dengan 55,2% nya dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, dan Geografi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI