DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI PERATURAN PUSAT DAN PERATURAN DAERAH MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN EXPLICIT INSTRUCTION DAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN BAWAHAN SELAN 4 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NURSIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


Nursiah. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Materi Peraturan Pusat  dan Peraturan Daerah Melalui Model Group Investigation (GI) Dikombinasikan dengan Explicit Instuction dan Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SDN Bawahan Selan 4 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

     

Kata kunci: Hasil Belajar, MateriPeraturan Pusat  dan Peraturan Daerah , Group Investigation (GI) Explicit Instruction Numbered Head Together (NHT).

Berdasarkan hasil observasi tahun ajaran 2017/2018 menunjukkan dari 20 siswa hanya 7 orang siswa atau 35% dinyatakan tuntas dan 13 orang siswa atau 65% siswa tidak tuntas. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan yang cenderung satu arah salah satunya adalah metode ceramah, kurangnya partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, ini membuat siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat atau pertanyaan, akhirnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi Peraturan Pusat  dan Peraturan Daerah . Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Explicit Instruction danNumbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa materi Peraturan Pusat dan Peraturan Daerah melalui model pembelajaran Group Investigation (GI), Explicit Instruction danNumbered Head Together (NHT).

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Adapun setting penelitian adalah SDN Bawahan Selan 4 tahun ajaran 2018/2019 semester 1 di kelas V dengan jumlah 17 orang yang terdiri 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif diambil dari  data hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa. Dan data kuantitatif diperoleh dari data hasil belajar siswa yang diambil dari tes evaluasi belajar.

 Berdasarkan hasil penelitian ini dengan menerapkan model Group Investigation (GI) Explicit Instruction danNumbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria “Sangat Baik”. Untuk aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilanklasikal dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa ketuntasan klasikal sebesar 94%.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan kepada guru, kepala sekolah, peneliti lain agar model pembelajaran Group Investigation (GI) Dikombinasi dengan Explicit Instruction danNumbered Head Together (NHT) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI