DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DIVARIASI DENGAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVESCRIPT PADA SISWA KELAS V SDN PEMBANTANAN 2 KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ALI SAPWANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ALI SAPWANI. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar  PKN Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) divariasi dengan Kooperatif Tipe Cooperative Script pada Siswa Kelas V SDN Pembantanan 2 Kec.Sungai Tabuk. Skripsi Program S1 PGSD FKIP Unlam. Pembimbing Prof.Dr.H.Rustam Efendi, M.Pd, Ph.D

Kata Kunci: Kebebasan Berorganisasi,Numbered Heads Together (NHT),Cooperative Script

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SDN Kelayan Selatan 10 terhadap pembelajaran PKn. Penyajian pengajaran yang konvensional dan kurang mengaktifkan siswa mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi tidak tuntas khususnya pada materi kebebasan berorganisasi. Alternative yang digunakan adalah pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT)divariasi dengan Cooperative Script.

Setting penelitian dilaksanakan di SDN Pembantanan 2 Kec.Sungai Tabuk semester genap tahun pelajaran 2018/2019 pada siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa. Terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diukur menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu maupun kelompok. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indicator yang ditentukan, dimana aktivitas guru harus mencapai skor 30 kualifikasi sangat baik, aktivitas siswa secara rata-rata kelas harus mencapai 82 dan klasikal 80% dengan kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa secara individual harus mencapai 70 dengan ketuntasan klasikal mencapai 80% dengan kriteria sangat aktif.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh  skor 25 kriteria baik meningkat menjadi 34 kriteria sangat baik pada siklus II pertemuan 2. Aktivitas siswa secara rata-rata kelas  pada siklus I mencapai 62,5 dengan kriteria cukup aktif meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 84 dengan kriteria sangat aktif, sedangkan secara klasikal dari 45% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I dari 55% meningkat menjadi 95% pada siklus II pertemuan 2.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT)divariasi denganCooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kebebasan berorganisasi dan hipotesa diterima. Disarankan model Tipe Numbered Heads Together (NHT)divariasi denganCooperative Script dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, khususnya pada pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI