DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI PENGGUNAAN INHALER BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DI RSD IDAMAN BANJARBARU
PENGARANG:SITI MAIMUNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

 

PENGARUH PEMBERIAN INFORMASI PENGGUNAAN INHALER BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN ASMA DI RSD IDAMAN BANJARBARU(Oleh:Siti Maimunah; Pembimbing:Noor Cahaya, Herningtyas Nautika Lingga; 2019; 49 Halaman)

 

Salah satu pengobatanasma untuk meringankan atau mengendalikan serangan asma adalah inhaler. Penggunaan inhaler yang tepat merupakan salah satu faktor dalam kontrol asma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh pemberian aplikasi berbasis android terhadap tingkat pengetahuan pasien asma dalam penggunaan inhaler. Penelitian ini merupakan penelitian quasiexperimentalberbentuk one-group pretest -posttest design dengan intervensi berupa aplikasi berbasis android. Populasi adalah pasien asma yang melakukan pengobatan di RSD Idaman Banjarbaru pada periode bulan Agustus-November diberikan kuesioner untuk mengukur pengetahuan. Kuesioner yang digunakan sudah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji Paired Sample t-testuntuk melihat pengaruh pemberian aplikasi berbasis android.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan nilai signifikansi p = 0,000 (p?0,05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi sebagai media informasi dapat membantu meningkatkan pengetahuan pasien asma.

 

Kata kunci: Asma, Pengetahuan, Inhaler, Aplikasi Android.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI