DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT BANJAR PENGHUNI RUMAH LANTING SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:RAHMAD RIZALDI AHYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

Rahmad, R.A. 2019.Nilai Peduli Lingkungan Masyarakat Banjar Penghuni Rumah Lanting Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, MA dan Pembimbing IIAkhmad Munaya Rahman, M.Pd

Sumber belajar sangatlah beragam, baik itu sumber belajar yang ada di sekolah maupun yang ada di lingkungan peserta didik. Pemanfaatan sumber belajar telah digunakan secara maksimal oleh guru, akan tetapi sumber belajar yang ada di lingkungan peserta didik belum sepenuhnya dimanfaatkan. Penggunaan sumber belajar yang berkaitan dengan lingkungan dapat meningkatkan pemaham peserta didik mengenai lingkungan hidupnya, sehingga mereka memiliki kepedulian terhadap lingkungannya.Kepedulian lingkungan harus ditanamkan kepada peserta didik, khususnya pada jenjang sekolah, kepedulian mengenai lingkungan sangatlah penting untuk diajarkan kepada peserta didik, dengan tujuan untuk menumbuhkan pemahaman kepada peserta didik mengenai lingkungan, sehingga mereka memiliki sikap untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan hidupnya.

Tujuan penelitian:1) Mendeskripsikan Profil rumah lanting yang ada di kampung Sasirangan Banjarmasin. 2) Mendeskripsikan Bagaimana nilai kepedulian lingkungan masyarakat Banjar di rumah lanting. 3) Mendeskripsikan bagaimana integrasi nilai kepedulian lingkungan masyarakat Banjar di  rumah lanting sebagai sumber belajar IPS

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil tempat di kawasan Kampung Sasirangan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dokumen foto, wawancara masyarakat penghuni rumah lanting, dan dokumentasi kawasan rumah lanting pada Kampung Sasirangan Banjarmasin. Analisis data dimulai dari reduksi data untuk memilah  data yang dianggap sesuai dengan tujuan penelitian, penyajian data, serta verifikasi data sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

Hasil penelitian:1) Rumah lanting yang  ada di Kampung Sasirangan Banjarmasin Terdapat delapan buah, lima rumah lanting digunakan oleh masyarakatnya sebagai tempat tinggal, dan tiga rumah lanting digunakan sebagai tempat untuk produksi kecambah. 2)ada 4 bentuk nilai peduli lingkungan masyarakat penghuni rumah lanting yaitu: tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, menggunakan produk ramah lingkungan, melakukan kebersihan lingkungan sekitar rumah lanting,dan paham mengenai tata cara mendaur ulang.3) integrasi nilai peduli lingkungan masyarakat banjar penghuni rumah lanting sebagai sumber belajar IPS pada tema manusia, tempat, dan lingkungan. Materi keragaman etnik dan budaya, dinamika interaksi manusia dengan lingkungan, dan interaksi manusia dengan lingkungan alam sosial, budaya, dan ekonomi.

 

Kata kunci:Peduli lingkungan, Rumah Lanting, Sumber Belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI