DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN KAMPUNG HIJAU KELURAHAN SUNGAI BILU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD ALFI SYAHRIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

 

Syahrin, Muhammad Alfi. 2019.Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Kampung Hijau Kelurahan Sungai Bilu Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II:Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

 

Sumber belajar IPS kurang memanfatkan pembelajaran yang bersifat kontekstual secara optimal. Sumber belajar IPS berupa buku teks hanya berfokus pada aspek kognitif dengan kurang memerhatikan aspek afektif atau sikap. Diperlukan seperangkat sumber belajar yang bersifat kontekstual terlebih mengenai kondisi lingkungan sekitar untuk menunjang pembelajaran. Hal ini dilakukan dalam rangka memberi pembekalan sejak dini bagi peserta didik di sekolah agar di masa yang akan datang mereka menjadi pioner masyarakat yang cinta dan peduli akan lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk memanfaatkan kepedulian lingkunganmasyarakat Kampung Hijau Sungai Bilu sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil tempat di kawasan Kampung Hijau Kelurahan Sungai Bilu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dokumen foto, wawancara masyarakat Kampung Hijau Sungai Bilu, dan dokumentasi kawasan Kampung Hijau Sungai Bilu. Analisis datadimulai dari reduksi data untuk memilah data yang dianggap sesuai dengan tujuan penelitian, penyajian data, serta verifikasi data sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

Hasil penelitian 1) Kampung Hijau Sungai Bilu merupakan kawasan permukiman masyarakat yang dilakukan pemugaran oleh Pemerintah Kota Banjarmasin yang melibatkan beberapa instansi dalam pengerjaannya. Program ini dijalankan dalam rangka merespon perubahan iklim sekaligus mengembalikan nuansa kampung tradisional khas Banjar di Kota Banjarmasin. 2) Kepedulian lingkungan yang ada pada masyarakat Kampung Hijau Sungai Bilu ada lima yaitu perilaku masyarakat yang tidak lagi membuang sampah ke sungai, menanam dan merawat tanaman di pekarangan, melakukan penghematan air, mengadakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan, dan membagikan bibit-bibit tanaman kepada masyarakat. 3) Lima bentuk kepedulianmasyarakat terhadap lingkungan Kampung Hijau Sungai Bilu tersebut dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS dengan cara mengaitkan dan menjadikannya contoh konkrit pada materi Manusia, Tempat, dan Lingkunganuntuk kelas VII.

Kata kunci:Lingkungan, Kampung Hijau, Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI