DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKULTURASI DALAM KESENIAN JARANAN MEKAR SARI DI KELURAHAN BELIMBING RAYA KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:Emillia Suzanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


ABSTRAK

Emillia Suzanti, 2019. Akulturasi dalam Kesenian Jaranan Mekar Sari Di Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah, Pembimbing (II) Nasrullah.

Kata Kunci: Akulturasi, Kesenian, Jaranan, Nilai.

Salah satu unsur kebudayaan adalah seni. Tersedianya pilihan dan kebebasan dalam mengolah dan memperbaharui suatu kesenian membuat masyarakat terus berkreatifitas dan memandang seni tradisional disesuaikan dengan zaman dan lingkungan sekitar. Faktor migrasi pun turut mempengaruhi terjadinya percampuran budaya tanpa menghilangkan keaslian budaya tersebut (Akulturasi). Kesenian Jaranan Mekar Sari yang berada dalam lingkungan masyarakat Banjar mendapat pengaruh berupa perubahan-perubahan. Selain mendapatkan pengaruh terhadap kebudayaan baru, terdapat nilai-nilai yang terkandung dalam kesenian Jaranan Mekar Sari yang ditujukan untuk masyarakat umum atau para penonton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur akulturasi dalam kesenian jaranan  dan menjelaskan nilai-nilai dalam kesenian Jaranan Mekar Sari.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Untuk mendapatkan data primer dipilihlah cara purposive sampling, dengan beberapa pertimbangan.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam kesenian Jaranan Mekar Sari terdapat unsur perubahan diantaranya ialah ; tembang, perlengkapan dan fungsi dari jaranan yang berubah. Hal ini dipengaruhi sebab kesenian ini berada dalam lingkungan masyarakat Banjar. (2) Nilai-nilai yang termasuk dalam kerohanian ialah; estetika, moral dan religius. Nilai-nilai ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang ditujukan untuk anggota ataupun masyarakat Umum.

            Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan kesenian Jaranan Mekar Sari dapat terus menjaga kelestarian kesenian tradisional dengan berbagai upaya tanpa harus menghilangkan keaslian dari kesenian tersebut. kemudian diharapkan agar para anggota Jaranan Mekar Sari dapat menerapkan nilai- nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI