DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS STRETCHING LEHER TERHADAP NYERI KEPALA PRIMER PADA PERAWAT
PENGARANG:Larasati
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-25


Latar Belakang: Sebanyak lebih dari 90% manusia di dalam kehidupannya pernah mengalami nyeri kepala. Faktor pemicu nyeri kepala primer terbesar adalah stres 84% dimana perawat merupakan salah satu pekerjaan yang rentan terhadap stres. Salah satu dampak stres adalah nyeri kepala primer. Nyeri kepala primer yang pernah dialami oleh perawat yaitu migren (78,9%), tension headache (59%), dan cluster headache (82,1%).
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas stretching leher terhadap nyeri kepala pada perawat.
Metode: Penelitian bersifat pra-eksperimental dengan one group pra-post test design. Sampel yang diambil dengan menggunakan purposive sampling berjumlah 30 orang perawat dari RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD Ratu Zalecha Martapura dari 20 Desember 2017-7 Januari 2018.
Hasil: Analisis data menggunakan uji wilcoxon didapatkan p value=0,001(p<α, α=0,05) yang berarti bahwa stretching leher memiliki efek terhadap nyeri kepala primer.
Pembahasan: stretching membuat tubuh menjadi rileks, kekakuan pada otot menjadi lebih lentur, saraf yang tegang akan menjadi rileks, serta peredaran darah di dalam tubuh akan menjadi lebih baik sehingga dapat mengurangi nyeri kepala yang dialami.
Kesimpulan: stretching leher efektif untuk mengurangi nyeri kepala primer.
Saran: Penelitian ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan yaitu dengan melakukan stretching leher apabila sedang mengalami nyeri dan menjadi masukan bagi peneliti selanjutnya dalam mengambil penelitian.
Kata Kunci: nyeri kepala primer, perawat, stretching.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI