DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Nilai Moral Legenda Putri Petong dalam Kehidupan Kolektif Masyarakat Paser di Desa Lempesu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser Kalimantan Timur
PENGARANG:Rina Rosita
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-21


                                       Abstrak

 

Rina Rosita, 2020. “Nilai Moral Legenda Putri Petong dalam Kehidupan Kolektif Masyarakat Paser di Desa Lempesu Kecamatan Pasir Belengkong  Kabupaten Paser Kalimantan Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) LailaAzkia.

 

Kata Kunci: Nilai Moral, Cerita Rakyat, Legenda, Putri Petong

 

Budaya indonesia sangat beragam dan salah satunya terwujud dalam cerita- cerita rakyat daerah diseluruh nusantara, dalam cerita rakyat biasanya juga terdapat nilai-nilai moral dari masyarakat setempat, begitu juga dalam cerita rakyat Putri Petong di Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi cerita rakyat Paser Putri Petong di Desa Lempesu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser Kalimantan Timur dan untuk memahami nilai moral apa saja yang terkandung dalam cerita rakyat Paser Putri Petong di Desa Lempesu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser KalimantanTimur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Variasi cerita rakyat Paser Putri Petong di Desa Lempesu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser Kalimantan Timur terbagi menjadi dua varian yaitu variasi Pertama Putri Petong ditemukan dilaut, variasi kedua Putri Petong ditemukan di hutan bambu betung.(2) Nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat Paser Putri Petong di Desa Lempesu Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser Kalimantan Timur ada empat yaitu peduli sesama, tidak mau mengambil hak orang lain, menghargai orang lain dan tolong menolong.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan Pemerintah sebaiknya dapat mengenalkan lebih luas lagi tentang cerita Putri Petong ini dengan cara bekerjasama dengan Lembaga-lembaga Adat Paser dan sekolah-sekolah di Kalimantan Timur untuk dapat menyampaikan cerita Putri Petong ini melalui pembelajaran di sekolah atau film-film pendek serta kegiatan-kegiatan khusus agar cerita ini bisa di kenal oleh anak-anak muda Paser khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya. Dan Masyarakat sebaiknya turut berperan aktif untuk melestarikan cerita rakyat legenda Putri Petong ini dengan cara menceritakan kepada anak-anak mereka sehingga generasi selanjutnya  mengetahui tentang cerita rakyatini.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI