DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI TERHADAP PERENCANAAN PERKERASAN KAKU PADA SIMPANG SEBIDANG RUAS JALAN NASIONAL SIKUI KM 34 (STA 0+000 – STA 0+300) KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:AGUNG RUBIAN DWI PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


EVALUASI TERHADAP PERENCANAAN PERKERASAN KAKU PADA SIMPANG SEBIDANG RUAS JALAN NASIONAL SIKUI KM. 34

STA. 0+000 S/D 0+300

KABUPATEN BARITO TIMUR

 

Oleh :

Agung Rubian Dwi Putra

Dosen Pembimbing:

Ir. YASRUDDIN, M.T.

 

ABSTRAK

Barito Timur merupakan salah satu kabupaten yang memiliki berbagai sumber daya alam seperti perkebunan dan pertambangan. Ruas jalan nasional Sikui KM 34 adalah salah satu jalan yang digunakan untuk menjadi akses mobilisasi oleh salah satu pihak pertambangan yang ada di Kalimantan Tengah. Akan tetapi dilain sisi, ruas jalan nasional Sikui KM 34 juga digunakan untuk jalan penghubung antar provinsi atau kota. Berdasarkan keterangan di atas sebenarnya jalan nasional tidak diperuntukan untuk kendaraan-kendaraan bermuatan besar.

Perencanaan jalan ini bertujuan untuk mendapatkan tebal perkerasan kaku dengan berpedoman pada Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017 yang dikontrol menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 dan menghitung Rencana Anggaran Biaya pada Simpang Sebidang Ruas Jalan Nasional Km. 34, kabupaten Barito Timur.

Pada perencanaan tebal struktur perkerasan kaku dengan menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017 didapat pelat beton = 28,5 cm; lapis pondasi LMC = 10 cm; lapis drainase = 15 cm dan dengan menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 didapat pelat beton = 21 cm; lapis pondasi = 15 cm.Setelah itu, untuk data kondisi di lapangan berupa pelat beton = 30 cm; lapis beton K-125 = 10 cm. Kemudian diambil tebal perkerasan yang efisien yaitu dengan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 yang mana juga lebih efisien dibandingkan dengan kondisi di lapangan. Selain itu, dalam penulisan tugas akhir ini juga membahas tentang Rencana Anggaran Biaya pada Simpang Sebidang Ruas Jalan Nasional Sikui Km. 34, kabupaten Barito Timur.

 

Kata kunci : Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2017, Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003, Rencana Anggaran Biaya.

 

PLANNING EVALUATION OF RIGID PAVEMENT’S THICKNESS ON INTERSECTION OF A ROAD SEGMENT OF SIKUI KM. 34 NATIONAL ROAD

STA. 0+000 S/D 0+300

EAST BARITO DISTRICT

 

By:

Agung Rubian Dwi Putra

Advisor:

Ir. YASRUDDIN, M.T.

 

ABSTRACT

East Barito is one of the disctricts that has lot of natural resources such as plantations and mining. Sikui KM 34 national road is one of the streets, which used as the mobilization access for one of the mining companies that located on Central Kalimantan. However, this road also used as the connector road between provinces or cities.  Based on the explanation above, the national road of Sikui KM 34 is not made for high vehicles.

This planning pavement is aimed to get the rigid pavement’s thickness based on “Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017/” which controlled by “Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003” and calculating the budget plan on the intersection of a road segment of Sikui KM 34 national road, East Barito disctrict.

On the planning of rigid pavement’s thickness by using “Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017” it is found that the concrete plate layer = 28,5 cm; LMCbase layer = 10 cm; drainage layer = 15 cm and by using  “Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003” also found that the concrete plate layer = 21 cm; base layer = 15 cm. After that, on the existing condition obtained concrete plate layer = 30 cm; K-125 concrete layer = 10 cm. Then, it is found that the efficient pavement’s thickness which taken by using “Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003” is more efficient rather than the exisiting condition. Moreover, this thesis also discuss about budget plan on the intersection of a road segment of Sikui Km. 34, East Barito district.

 

 

Keywords: Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2017, Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003, Budget Planning.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI