DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN FREKUENSI PERNAPASAN TERHADAP LUARAN PERAWATAN PASIEN CEDERA KEPALA AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS
PENGARANG:Riky Teguh Arifiannoor
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-25


Latar Belakang: Berdasarkan hasil studi pendahuluan di IGD RSUD Ulin Banjarmasin kasus cedera kepala dari bulan Januari sampai bulan September 2017 ada 26,38% kasus cedera kepala, dan hal ini menempati urutan pertama dalam kasus 10 besar penyakit bedah terbanyak di IGD RSUD Ulin Banjarmasin selama periode tersebut. pada pasien cedera kepala dengan ketentuan apabila semakin turun nilai frekuensi pernapasan maka akan semakin berpengaruh terhadap luaran perawatan pasien.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan frekuensi pernapasan terhadap luaran perawatan pasien cedera kepala akibat kecelakaan lalu lintas.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian prospektif observasional dengan desain crossectional dari tanggal 27 November 2017–08 Januari 2018. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang dengan consecutive sampling, kemudian dilakukan analisis data menggunakan uji Fisher’s Exact Test. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi.
Hasil:. ada hubungan yang signifikan antara frekuensi pernapasan terhadap luaran perawatan pasien cedera kepala akibat kecelakaan lalu lintas dengan nilai P value=0,002 < 0,05.
Diskusi: frekuensi pernapasan pasien cedera kepala kurang dari 12 kali/menit atau lebih dari 24 kali/menit akan mendapatkan luaran perawatan buruk terhadap pasien cedera kepala.
Kata Kunci: Cedera Kepala, Frekuensi Pernapasan, Luaran Perawatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI