DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH DESA SUNGAI SALAI HILIR KECAMATAN CANDI LARAS UTARA KABUPATEN TAPIN TAHUN 2002-2019
PENGARANG:SITI MARIA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


Siti Maria Ulfah, 2019. Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Sungai Salai Hilir Tahun 2002-2019. (Pembimbing I Drs. Yusliani Noor, M.Pd., dan Pembimbing II Mansyur, S.Pd., M.Hum.).

 

Kata Kunci: Sejarah, Perkembangan, Pondok Pesantren Nurul Hidayah. 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Sungai Salai Hilir Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin dan perkembangan Pondok Pesantren Nurul Hidayah dari tahun 2002-2019.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Metode sejarah melalui empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari para pelaku di Pondok Pesantren Nurul Hidayah, yang berupa foto-foto, akta/piagam izin pendirian, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kegiatan Pondok Pesantren Nurul Hidayah. Sumber sekunder didapatkan dari perpustakaan berupa buku-buku, arsip daerah, dan jurnal berkaitan dengan pondok pesantren. Kemudian dilakukan kritik terhadap dokumen dan hasil wawancara, lalu menghubungkaitkan berbagai macam data dan menggabungkan semua data yang sudah diperoleh yang kemudian ditulis dengan metode sejarah untuk menggambarkan kejadian dan peristiwa yang terjadi.

Hasil penelitian menunjukkan Pondok Pesantren Nurul Hidayah berdiri tahun 2002 dengan hanya terdapat satu ruang kelas dan 10 orang ustadz. Sekarang  Pondok Pesantren Nurul Hidayah memilki 35 orang ustadz dan memiliki 10 ruang kelas, mushola, ruang guru, perpustakaan dan asrama. Tingkatan pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah yaitu Ula, Wustho, dan Ulya.

                Kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Nurul Hidayah berdiri sejak tahun 2002, mengalami perkembangan baik dari segi jumlah ustadz, santri dan bangunan. Pondok Pesantren Nurul Hidayah merupakan lembaga pendidikan yang turut andil dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa terutama bagi anak-anak di Desa Sungai Salai, Sungai Salai Hilir, dan Kaladan, memudahkan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka sekaligus memperdalam ilmu agama. Pondok Pesantren Nurul Hidayah memegang peranan penting membentuk masyarakat yang agamis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI