DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kontribusi Antara Lingkungan Sosial di Bantaran Sungai dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Penyalahgunaan Napza Pada Remaja di Kecamatam Banjarmasin Selatan
PENGARANG:DITA WIDIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


Dita Widiawati. 2019. Kontribusi Antara Lingkungan Sosial di Bantaran Sungai dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Penyalahgunaan Napza Pada Remaja di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi,M.Pd. (II )Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

Kata Kunci : Penyalahgunaan Napza, Lingkungan Sosial di Bantaran Sungai, Kelompok Teman Sebaya

Penyalahgunaan napza ialah penggunaan narkotika,psikotropika, dan zat adiktif lainnya dimana penggunaan tersebut dengan tujuan untuk bersenang-senang dan tanpa anjuran dokter yang akhirnya membuat pengguna mengalami gangguan secara fisik dan psikis. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi penyalahgunaan napza ialah kelompok teman sebaya dimana pada masa remaja kelompok teman sebaya memiliki pengaruh yang kuat atas perilaku remaja selain itu lingkungan sosial di bantaran sungai yang menjadi pemukiman penduduk juga dapat mempengaruhi perilaku penyalahgunaan napza. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kontribusi antara lingkungan sosial di bantaran sungai dan kelompok teman sebaya terhadap penyalahgunaan napza pada remaja di Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian kontribusi. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 301 orang dari 5 sekolah sekolah di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket penyalahgunaan napza, lingkungan sosial di bantaran sungai, dan kelompok teman sebaya. 

Berdasarkan hasil pengujian, didapat nilai F hitung pada variabel lingkungan sosial dibantaran sungai (X1) dan penyalahgunaan napza (Y)  sebesar 1,082 > 0,05, kemudian sebesar 0,422 > 0,05 pada variabel kelompok teman sebaya (X2) dan penyalahgunaan napza (Y), dan didapat nilai 0,725 > 0,05 pada variabel lingkungan sosial di bantaran sungai (X1) Kelompok teman sebaya (X2) terhadap penyalahgunaan napza (Y) yang artinya tidak adanya kontribusi secara bersama-sama antara tiga variabel tersebut karena kelompok teman sebaya pada remaja di Kecamatan Banjarmasin selatan memiliki peran positif seperti memberikan dukungan sosial, moral, dan emosional yang dapat mencegah penyalahgunaan napza serta lingkungan sosial bantaran sungai di Kecamatan Banjarmasin Selatan yang memiliki interaksi cukup kuat sehingga dapat menciptakan kontrol sosial yang bisa mencegah perilaku penyalahgunaan napza. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI