DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS BONGKAR MUAT DI PELABUHAN PANJANG KOTABARU TAHUN 2000-2015
PENGARANG:NOOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


ABSTRAK
Noor Azizah, Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Panjang Kotabaru Tahun 2000-2015. ( Pembimbing I : Dr. M. Zaenal Arifin Anis, M.Hum dan Pembimbing II : Drs. Hairiyadi, M.Hum)
Kata Kunci : Pelabuhan Panjang Kotabaru, Aktivitas Bongkar Muat
Latar belakang dipilihnya judul Aktivitas Bongkar Muat di pelabuhan Panjang Kotabaru Tahun 2000-2015. K
arena dari beberapa tahun kebelakang aktivitas di Pelabuhan Panjang Kotabaru sepi itu dikarenakan tidak ada lagi bongkar muat kapal berasal dari Surabaya kondisi tersebut terjadi sudah cukup lama kini Pelabuhan induk tersebut berfungsi menjadi Pelabuhan rakyat. Setiap hari kegiatan disana hanya pemuatan barang dari toko yang didistribusikan kekecamatan di daerah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Gambaran umum Pelabuhan Panjang Kotabaru, bagaimana Pelabuhan Panjang Kotabaru pada masa sebelum Tahun 2000, serta bagaimana Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Panjang Kotabaru Tahun 2000-2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Yang semuanya terdapat empat tahap yaitu pada tahap pertama heuristik, yaitu mengumpulkan data dengan wawancara, sumber dokumen dan sumber benda. Tahap kedua kritik sumber, yaitu mengetahui keabsahan serta keaslian data yang didapat peneliti dari lapangan. Ketiga tahap interpretasi, yaitu penafsiran fakta-fakta sejarah yang dikumpulkan. Keempat tahap historiografi, peneliti melakukan penulisan keseluruhan penelitian secara deskriptif berdasarkan sistematika yang sudah ditetapkan didalam batasan masalah.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Pelabuhan Panjang Kotabaru terletak dipusat kawasan perkotaan di Kabupaten Kotabaru tepatnya di kecamatan Pulau Laut Utara. Pelabuhan Panjang Kotabaru di bangun sejak pemerintahan Hindia Belanda. Aktivitasnya yaitu bongkar bahan sembako yang di didistribusikan kekecamatan, Kegiatan bongkar muatnya semakin tahun semakin menurun.
Kesimpulan dari penelitian ini aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Panjang Menurun setiap tahunnya dikarenakan Pelabuhan Panjang Kotabaru Sudah tidak layak untuk kegiatan bongkar muat dan kegiatannya di alihkan kepelabuhan Stagen dan Pelabuhan Panjang Kotabaru akan dialih fungsikan sebagai dermaga wisata.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI