DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU ISOLASI DAHAK PADA PASIEN TB PARU DI RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:Anggereani Abdullah
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-01-25


Latar Belakang : Perilaku isolasi dahak merupakan salah satu faktor terpenting yang berkaitan dengan penularan TB Paru. Perubahan perilaku kesehatan dapat dilakukan melalui pemberian informasi kesehatan, salah satunya melalui pembelajaran audio visual.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pembelajaran audio visual terhadap perubahan perilaku isolasi dahak pada pasien TB Paru di RSUD Ratu Zalecha Martapura.
Metode : Penelitian praeksperimental pada 30 pasien TB Paru yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 21 Agustus – 28 September 2017.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran audio visual terhadap perubahan perilaku isolasi dahak pada pasien TB Paru di RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan uji statistik Wilcoxon dengan p value = 0,0001.
Pembahasan : Pembelajaran audio visual dapat merubah perilaku karena dengan menggunakan media audio visual dapat menstimulasi indera penglihatan dan pendengaran yang menampilkan warna, gerak dan suara sehingga meningkatkan motivasi dan ketertarikan dalam mengikuti pembelajaran serta meningkatkan fokus pada materi yang disampaikan sehingga membuahkan perubahan perilaku yang signifikan. Untuk itu pembelajaran audio visual dapat dijadikan sarana dalam membantu pasien TB Paru untuk mengetahui dan memahami perilaku isolasi dahak yang benar pada pasien TB Paru.
Kata Kunci : Audio visual, perilaku isolasi dahak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI