DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT LOKAL BERBASIS BAMBU DI KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NOOR RAHMANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


ABSTRAK

NOOR RAHMANSYAH, 2019. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Lokal Berbasis Bambu di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Mahrus Aryadi, M.Sc. dan (2) Dr. H. Hamdani Fauzi, S.Hut., M.P.

 

Kata kunci: bambu, masyarakat lokal, peran pemerintah

 

Bambu merupakan tanaman yang secara botanis dapat digolongkan pada family Gramineae (rumput). Manfaat bambu secara ekonomis dan ekologis, antara lain, bila dibandingkan dengan komoditas kayu, tanaman bambu mampu memberikan peningkatan pendapatan masyarakat di sekitarnya dalam waktu relatif cepat, yaitu 4-5 tahun. Permintaan yang tetap tinggi tidak diikuti dengan peningkatan mutu dan harga yang sesuai dibandingkan dengan barang sejenis berbahan dasar kayu atau bahan lainnya.Hal tersebut menjadi pertimbangan dan mengurangi minat masyarakat untuk mengembangkan usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman dan peran pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan bambu, menggali peran pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat berbasis bambu serta menyusun strategi pemberdayaan masyarakat lokal dalam pemanfaatan bambu. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan emik yang terfokus kepada data dan analisis berdasarkan jawaban dari responden kunci. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen laporan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, dan dari tulisan serta hasil penelitian mengenai Strategi Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat lokal di Kecamatan Loksado berpotensi untuk mengembangkan produksi olahan bambu melalui keikutsertaan masyarakat dalam pelatihan pengolahan dan pemanfaatan bambu; pemerintah dan aparatur desa mendukung pengolahan dan pemanfaatan bambu melalui program/kegiatan, kerjasama, ekowisata bambu serta produk industri bambu; dan kendala dalam pemberdayaan bambu di Kecamatan Loksado ini ada pada strategi pemasaran dan permodalan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI