DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD Level Representasi Kimia pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 12 Banjarmasin
PENGARANG:K HAIRUNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


Telah dilakukan penelitian tentang meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik melalui model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD level representasi kimia pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 3 SMA negeri 12 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan cara bersiklus. Adapun faktor yang diteliti yaitu aktivitas guru, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotorik. Teknik pengumpulan data adalah dengan nontes (lembar observasi) dan tes berupa hasil keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif peserta didik. teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD representasi kimia terjadi peningkatan yang meliputi aktivitas guru dari kategori cukup baik menjadi baik, aktivitas peserta didik dari kategori cukup aktif menjadi aktif, hasil belajar pengetahuan dari ketuntasan 32% meningkat menjadi 86%,  hasil belajar sikap dari kategori cukup baik menjadi baik dan hasil belajar keterampilan dari kategori cukup terampil menjadi terampil, keterampilan berpikir kritis dari kategori cukup kritis menjadi sangat kritis. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI