DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:NUR FAULINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


ABSTRAK

Nur Faulina , 2019 Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Rizali Hadi, M.M sebagai Pembimbing I dan Melly Agustina Permatasari sebagai pembimbing II).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahan, (2) lingkungan sosial, (3) minat berwirausaha, (4) pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif , sample penelitian menggunakan random sampling yang berjumlah 109 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2016 dan angkatan 2015. Teknik pengumpulan data menggunkan angket. Uji coba instrumen menggunkan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisa data meliputi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1.) persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dengan kategori tinggi ada 61 ( 55,97%) mahasiswa sedang 48 (44,03%) dan pada kategori rendah tidak ada. 2.) lingkungan sosial dengan kategori tinggi tidak ada, pada kategori sedang ada 102 (93,58%) mahassiwa dan pada kategori rendah ada 7 (6,42%). 3.) minat berwirausaha dengan kategori tinggi ada 27 (24,78%) mahasiswa sedang 82 (75,22%) dan pada kategori rendah tidak ada. 4.) persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan secara bersama- sama atau simultan terhadap minat berwirausaha yang di tunjukkan dengan nilai = 40,946>3,080 dan nilai sig. 0,00<0,05, maka dapat disimpulkan persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan (X1) dan lingkungan sosial (X2) berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha (Y). Dengan R2 (R Square) sebesar sebesar 0,660 atau 66%, artinya sumbangan berpengaruh simultan persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan sosial mahasiswa sebesar 66%, sedangkan sisanya sebesar 34% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci : Persepsi mahasiwa tentang mata kuliah kewirausahaan, Lingkungan sosial, Minat berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI