DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMNTASI KAMPANYE SOSIAL DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AWARENESS MASYARAKAT PADA PENGURANGAN LIMBAH PLASTIK
PENGARANG:FAISAL MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


ABSTRAK

Faisal Maulana,D1C115210,2019,Kampanye Sosial Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Dalam Upaya Meningkatkan Awareness Masyarakat Pada Pengurangan Limbah Plastik di bawah bimbingan Bapak Dr. H Bachruddin Ali Akhmad M,Si dan Ibu  Sri Astuty,S.Sos.,M.Si

Kampanye sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin ini merupakan implementasi dari Program Pengendalian dan Perusakan Lingkungan Hidup yang merupakan program kerja dari bidang Tata Lingkungan dan telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi tahapan kampanye sosial dalam upaya meningatkan awareness masyarakat pada pengurangan limbah plastik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini akan memberikan gambaran tentang tahapan kampanye sosial dalam upaya meningkatkan awareness masyarakat pada pengurangan limbah plastik sesuai dengan data dan fakta yang didapat di lapangan. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin,Bank Sampah Induk Kota Banjarmasin dan kantor Lembaga Swadaya Masyarakat KAKi KOTA. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah,observasi,wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin pada tahap perencanaan kampanye melaksanakan penyusunan tujuan,identifikasi dan segmentasi sasaran,menentukan pesan,strategi dan taktik,alokasi waktu dan sumber daya serta menyajikan rencana kampanye,sementara yang tidak dilaksanakan adalah analisis masalah serta evaluasi dan tinjauan. Pada pelaksanaan kampanye, semua tahapan di jalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yakni realisasi unsur-unsur pokok kampanye, uji coba rencana kampanye, tindakan dan pemantauan kampanye serta laporan kemajuan, kemudian pada tahapan evaluasi yang memiliki empat tingkatan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin menjalankan tingkatan sikap  dan tingkatan masalah sementara tingkatan kampanye dan perilaku belum dijalankan sehingga kampanye sosial ini dapat dikatakan belum berjalan secara maksimal.

 

Kata Kunci: Tahapan Kampanye Sosial, Pengurangan Limbah Plastik, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

 

ABSTRACT

Faisal Maulana, D1C115210,2019, Social Campaign in Departement Environmental of Banjarmasin City to Raise Public Awareness on Reducing Plastic Waste under the guidance of Dr. H Bachruddin Ali Akhmad,M.Si and Sri Astuty,S.Sos.,M.Si

The social campaign that running by the Banjarmasin’s Departement Environmental  is an implementation of the Environmental Damage and Control Program which is a main program in the Environmental Management division and has been running since 2016. The purpose of this research is to find out how the stages of social campaign to raise public awareness on reducing plastic waste.

The research applied in this research is descriptive research using qualitative method approach. This method will provide an overview of the stages of how social campaigns to increase public awareness on reducing plastic waste in accordance with data and facts obtained in the field. The location of the study was conducted at the Departement Environmental of Banjarmasin City, Banjarmasin Waste Bank and KOTA KOTA’s (NGO) office.In this research data collection methods used by researchers are, observation, interviews and documentation.

The results of this study indicate that Departement Environmental of Banjarmasin City implements some stages which are setting goals, identifying and segmenting targets, determining messages, strategies and tactics, allocating time and resources and presenting campaign plans, while problem analysis and evaluation &objectives did not implemented. At the stage of the actions of the campaign all of that  running by the Departement Environmental of Banjarmasin City, while at the evaluation stage which has 4 levels, only attitude level and problem level running but the campaigns level and behaviours level did not implemented. So the researcher could said if this social campaign has not yet run optimally.

 

Keywords: Stages of Social Campaign, Plastic Waste Reduction, Departement Environmental of Banjarmasin City.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI