DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IIS MA MU'ALLIMIN MUHAMMADIYAH ALABIO
PENGARANG:AULIA KURNIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


ABSTRAK

Aulia Kurnia Wati, 2019. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IIS MA Mu’allimin Muhammadiyah Alabio. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat (dibawah bimbingan Dr. Supriyanto sebagai pembimbing I dan Melly Agustina Permatasari, M. Pd. sebagai pembimbing II)

 

Pembelajaran kontekstual merupakan suatu model pembelajaran yang menghasilkan makna dan menghubungkan muatan akademis dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan siswa dan pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling menggunakan sampling total sejumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisa data menggunakan deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,958 > 2.037) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan maka Ho ditolak. Dan thitung > ttabel (3,446 > 2,037) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan maka Ho ditolak. Dapat disimpilkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan siswa, dan pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di MA Mu’allimin Muhammadiyah Alabio. Sehingga dapat dikatakan Ha terbukti yaitu adanya pengaruh antara penerapan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan siswa, dan pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di MA Mu’allimin Muhammadiyah Alabio.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI