DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Minat Berwirausaha Dengan Teknik Karyawisata Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2017 FKIP ULM
PENGARANG:M AULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


ABSTRAK

 

Maulida. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Berwirausaha Dengan Teknik Karyawisata Pada Mahasiswa  Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2017 FKIP ULM. Pembimbing (I) Dr. Nina Permatasari, S. Psi., M.Pd., (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

 

Kata kunci: Minat Berwirausaha, Mahasiswa, Teknik Karyawisata

 

Minat berwirausaha adalah suatu kondisi dimana seseorang tertarik perhatiannya  dan terdorong untuk mempelajari atau melakukan suatu kegiatan bidang wirausaha yang berpeluang sebagai usaha untuk kemajuan pribadi dan masyarakat. Hasil  wawancara dengan mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Bimbingan Konseling FKIP ULM diketahui bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak memiliki pengetahuan dan tidak ada keinginan untuk mencari tahu  tentang dunia wirausaha, kurangnya kesadaran untuk memberdayakan bakat dan kemampuan yang dimiliki dibidang wirausaha, serta lebih tertarik menjadi seorang karyawan atau pegawai.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Rancangan penelitian menggunakan model John Elliot dengan teknik purposive sampling untuk penarikan sampel. Sampel berjumlah 6 dari populasi 68 orang mahasiswa, dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi).

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan aktivitas peneliti dalam pelaksanaan teknik karyawisata untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa mengalami peningkatan dari jumlah skor yang diperoleh. Pada aktivitas peneliti mendapatkan skor 55 persentase 85,9% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada peningkatan minat berwirausaha mahasiswa memperoleh skor 93 persentase 96,88% dalam kategori “sangat berhasil” dan mencapai indikator keberhasilan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perasaan senang, perhatian, dan tertarik pada bidang wirausaha. Dari hasil data diatas maka dapat disimpulkan bahwa teknik karyawisata dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI