DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT BAHAYA EROSI DI KECAMATAN ARANIO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


Penelitian berjudul Analisis Tingkat Bahaya Erosi di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian menganalisis tingkat bahaya erosi yang terjadi di Kecamatan Aranio Kabuaten Banjar, mengetahui persebaran tingkat erosi Di Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar dan mengidentifikasi jenis erosi yang terjadi Di Daerah Penelitian, dan Jenis penelitian bersifat Kuantitatif.

 

Metode analisis data yang digunakan yaitu metode perhitungan USLE untuk menganalisis tingkat laju erosi yang terjadi di kecamatan aranio kabupaten banjar. Metode USLE adalah metode yang biasa dipakai menganalisis tingkat laju erosi di bentuklahan. Metode USLE terdiri dari indeks erosivitas hujan (R), Erodibilitas tanah (K), panjang dan kemiringan lereng (LS), vegetasi penutup tanah (C) dan tindakan konservasi (P).

 

Hasil penelitian menyatakan erosi yang terjadi di Kecamatan Aranio termasuk dalam klasifikasi ringan. Faktor yang mengakibatkan tingkat erosi di Kecamatan Aranio termasuk dalam klasifikasi ringan adalah kemiringan lereng dan nilai erodibilitas yang rendah. Lereng yang curam akan mempercepat laju  aliran air permukaan pada saat hujan turun, kemiringan lereng mempengaruhi erosi melalui infiltrasi. Nilai erodibilitas tanah yang rendah menunjukkan semakin sulit tanah mengalami erosi.

Kata kunci : Tingkat Erosi, Analisis erosi, Metode USLE

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI