DIGITAL LIBRARY



JUDUL:mplementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Penyelenggaraan Angkutan Pelajar Ceria di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin
PENGARANG:SUGIANOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


SUGIANOOR, D1B115040, 2019 “Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Penyelenggaraan Angkutan Pelajar Ceria di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota BanjarmasinDi bawah bimbingan Paturrahman selaku pembimbing I dan H. Saifudin selaku dosen pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap penyelenggaraan angkutan pelajar ceria di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin.

 

Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian  ini yaitu mengunakan teori George  C Edward III dalam buku Leo Agustino. Adapun teori tersebut membahas mengenai komunikasi, sumber daya, disposisi (sikap pelaksana) dan struktur birokrasi. Untuk informan kuncinya sendiri yakni terdiri atas Kepala Seksi (KASI) Angkutan Orang dari Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota Banjarmasin, Sopir/Pengemudi Angkutan Pelajar Ceria dan siswa /pelajar yang mengunakan Angkutan Pelajar Ceria. Kemudian data yang sudah didapat dikumpulkan mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut di analisis dengan mengunakan teknik analisis data kualitatif oleh Miles dan Hubermen.

 

Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan menunjukan  bahwa implementasi kebijakan pemerintah terhadap penyelenggaraan angkutan pelajar ceria di Kecamatan Banjaramsin  Tengah Kota Banjarmasin  ini kurang  berjalan dengan optimal, hal tersebut dapat dilihat dari sumber daya yang ada terdiri dari staf yang dapat dikatakan kurang memadai dari segi jumlahnya dan untuk fasilitas pendukung seperti armada angkutan, tempat sampah dan peralatan P3K dalam jalannya kebijakan ini yang masih kurang.

 

Disarankan kepada Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin perlu adanya menambah jumlah staf sebanyak 1 orang, armada angkutan 1 buah dan jalur trayek sebanyak 1 jalur untuk  diwilayah sekolah yang belum dilalui jalur atau trayek dari angkutan pelajar ceria yang ada di Kecamatan Banjarmasin Tengah, selain itu juga perlu adanaya tambahaan fasilitas pendukung seperti tempat sampah  dan perlengkapan P3K didalam angkutan pelajar ceria.

 

Kata Kunci: Implementasi dan Penyelenggaraan Angkutan Pelajar

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI