DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMAHAMAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI KUALITAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KETERAMPILAN 4C DI SMA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Yunada Afriliani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-22


Yunada Afriliani. 2019. Pemahaman Guru terhadap Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kualitas Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Keterampilan 4C di SMA Kota Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suratno, M.Pd., (II) Melly Agustina Permatasari, M.Pd

 

Kata Kunci: Kualitas RPP, Pemahaman Guru

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahamani guru terhadap Kurikulum 2013, tingkat kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru berdasarkan keterampilan 4C (Critical thinking and problem solving, Creativity, Collaboration, Communication), dan mengetahui hubungan antara pemahaman guru dengan kualitas RPP secara keseluruhan, dan berdasarkan kategori mata pelajaran yang diajarkan yaitu Matematika dan Ilmu Alami (MIA), Ilmu-ilmuSosial (IIS), dan umum.

Deskriptif kuantitatif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Subjek penelitian terdiri dari 190 guru yang tersebar di Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri yang menerapkan Kurikulum 2013 di Kota Banjarmasin. Kuesioner, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai teknik untuk mengumpulkan data penelitian. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, regresi, dan korelasi sederhana dilanjutkan dengan korelasi parsial.

Hasili dari penelitian menyatakan, bahwa: Sebanyak 100 orang atau 52,63% tingkat pemahaman guru berada pada kategori sedangi dan kualitas RPP berada kategori tinggi yaitu sebanyaki 78 orang atau sebesar 41,05%. Dari hasil uji hipotesis diketahui: (1) pemahaman guru terhadap kualitas RPP secara keseluruhan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan, dengan R = 0,14; p > 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara pemahaman guru terhadap kualitas RPP berdasarkan kelompok guru MIA, R = 0,16 ; p > 0,05, berdasarkan kelompok guru IIS, R =. 0,14 ; p > 0,05, dan berdasarkan kelompok guru umum R = 0,37 ; p > 0,05.

 

Kata kunci: Pemahaman Guru, Kurikulum, Kualitas RPPPenelitian ini dilakukan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI