DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA DAN KABUPATEN PADA KAWASAN METROPOLITAN BANJARBAKULA
PENGARANG:MUHAMMAD YOSPI MAURIZKI ANUGRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Muhammad Yospi (2020). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Kota Dan Kabupaten Pada Kawasan Metropolitan Banjarbakula dengan Pendekatan Location Quotient. Pembimbing: Ahmad Yunani.

Setiap wilayah memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya menjadi lebih baik. Suatu perekonomian dikatakan mengalami suatu perubahan akan perkembangannya apabila tingkat kegiatan ekonomi lebih tinggi daripada yang dicapai pada masa sebelumnya. Kegiatan ekonomi dikelompokkan atas kegiatan basis dan kegiatan non basis. Kegiatan basis adalah semua kegiatan baik penghasil produk maupun penyedia jasa yang mendatangkan uang dari luar wilayah. Sedangkan kegiatan non basis adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lokal, karena itu permintaan sektor ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kenaikan pendapatan masyarakat setempat. Pembentukan Kota Metropolitan Banjarbakula ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan konsep pengembangan daerah yang akan menjadi pasar pertumbuhan ekonomi baru. Banjarbakula disebut merupakan area metropolitan di provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan mengolah dan menganalisis pertumbuhan ekonomi, nilai location quotient, shift share dan tipologi klassen . Jenis data merupakan data sekunder berupa time series antara tahun 2014-2018 yang didapat dari BPS tiap wilayah.

Hasil penelitian menunjukkan nilai LQ tiap wilayah kawasan Banjarbakula berbeda-beda dan memiliki sektor unggulan yang berbeda. Hal tersebut membuat Kawasan Banjarbakula mempunyai keunggulan disetiap sektornya yang terbagi pada tiap wilayah. Pertumbuhan ekonomi pada kota dan kabupaten Kawasan Banjarbakula peningkatan dari tahun 2015-2018. Jumlah PDRB Kawasan Banjarbakula keseluruhan sektor juga mengalami peningkatan senilai Rp 6,369,560,000,000.21. Pertumbuhan tiap sektor di Banjarbakula juga berada di tiga kuadran yang berbeda dan paling banyak berada pada sektor cepat tumbuh.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Banjarbakula, Kalimantan Selatan, Location Quotient, Shift Share, Tipologi Klassen.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI