DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PADA WISATA BUKIT MATANG KALADAN DESA TIWINGAN LAMA KECAMATAN ARANIO KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD RAUHAN FIKRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


Muhammad Rauhan Fikri, (2020) Analisis Willingness To Pay Pada Wisata Bukit Matang Kaladan Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan SelatanPembimbing : Noor Rahmini, SE, ME

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Untuk menganalisis kesedian wisatawan untuk membayar (Willingness to Pay) di Wisata Bukit Matang Kaladan (2) Untuk mengatahui apakah faktor pendidikan, pendapatan , jumlah anggota keluarga dan biaya perjalanan atau travel cost mempengaruhi nilai (Willingness to Pay) Wisata Bukit Matang Kaladan. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang paling  dominan  yang mepengaruhi kesedian wisatawan untuk membayar (Willingness to Pay)  terhadap objek wisata Bukit Matang Kaladan.

Metode analisis yang digunakan adalah metode pendekatan Willingness to Pay (WTP) dan Regresi . Variabel penelitian adalah pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga dan biaya perjalnan/travel cost. Sumber data adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung kepada wisatawan Bukit Matang Kaladan sesuai dengan kriteria dengan menggunakan kuisioner.

Hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode Pendekatan Willingness to Pay (WTP) dan Regresi menunjukkan menunjukkan rata-rata kesediaan membayar adalah sebesar Rp 11.260. Jika ada peningkatan kualitas, maka rata-rata jumlah yang bersedia ditambahkan oleh responden adalah sebesar Rp 7.760 sehingga rata-rata kesediaan membayar responden untuk berwisata ke Bukit Matang Kaladan  menjadi Rp 19.020. Variable yang signifikan dalam penelitian ini yaitu pendidikan, pendapatan dan Travel Cost dan yang tidak signifikan yaitu Jumlah Anggota Keluarga. Sedangkan faktor yang paling dominanan dalam penelitian ini yaitu travel cost.

 

Kata Kunci :Willingness to Pay (WTP), Bukit Matang Kaladan, Biaya Perjalanan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI