DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PELATIHAN 3-POINT 5-POST SHOOTING DRILL’S TERHADAP KEBERHASILAN 3-POINT SHOOTING PADA PEMAIN BOLA BASKET SMP NEGERI 1 BANJARBARU
PENGARANG:TAUFIK HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

TAUFIK HIDAYAT. 2019. Pengaruh pelatihan 3-point 5-post shooting drill’s terhadap keberhasilan 3-point shooting pada pemain bola basket SMP Negeri 1 Banjarbaru. Tesis, Program Studi (S2) Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (Utama) Dr. Tri Irianto, M. Kes., (Pendamping) Dr. Sunarno Basuki, Drs., M. Kes.

 

Kata Kunci : Pengaruh, latihan, 3-point 5-post shooting drill’s, 3-point shooting, bola basket

 

Pemain bola basket SMP Negeri 1 Banjarbaru memiliki kemampuan 3-point shooting yang masih rendah, sehingga peneliti berpendapat bahwa pemain bola basket SMP Negeri 1 Banjarbaru memiliki 3-point shooting yang belum baik. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan 3-point 5-post shooting drill’s terhadap keberhasilan 3-point shooting pada pemain bola basket SMP Negeri 1 Banjarbaru.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experiment design, dengan teknik pengambilan data dilakukan melalui tes awal, pemberian perlakuan sebanyak 24 kali pertemuan dan tes akhir.  

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket SMP Negeri 1 Banjarbaru yang berjumlah 30 orang, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa data tes awal keberhasilan 3-point shooting diperoleh rata-rata = 2,70 dengan standar deviasi = 1,418. Pada data tes akhir keberhasilan 3-point shooting diperoleh rata-rata = 6,00 dengan standar deviasi = 1,747. Hasil analisis diperoleh thitung = 15,983 > ttabel= 2,201, dengan Sig.(2-tailed) = 0,000; ternyata Sig.(2-tailed) < 0,05 dengan demikian thitung tersebut signifikan. Kesimpulannya adalah ada pengaruh pelatihan 3-point 5-post shooting drill’s terhadap keberhasilan 3-point shooting pada pemain bola basket SMP Negeri 1 Banjarbaru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI