DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:SASTRA SEWO NAGATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

 

Sastra Sewo Nagatama A1A314054, 2019. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin. (Dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj Sri Setiti, MM sebagai pembimbing I dan Bapak Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd sebagai pembimbing II)

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Interaksi Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar

Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satu faktornya adalah interaksi teman sebaya. Fakta di SMA Negeri 12 Banjarmasin menunjukkan bahwa masih kurangnya motivasi belajar pada diri siswa. Hal ini terlihat dalam kegiatan belajar sehari-hari yang sering terjadi adalah kurangnya perhatian siswa saat guru menjelaskan materi pelajaran di kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin. (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin. (3) mengetahui besarnya pengaruh simultan interaksi teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin.Penelitian ini merupakan penelitian penelitian ex-post factodengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS SMA Negeri 12 Banjarmasin yang berjumlah 286 siswa yang terbagi dalam sembilan rombongan belajar. Sampel penelitian yang diambil adalah 164 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa regresi berganda dengan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin, dengan thitung > ttabel atau 7,662 > 1,645; (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin, dengan thitung > ttabel atau 4,245 > 1,645; (3) Terdapat pengaruh interaksi teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin, dengan Fhitung > Ftabel atau 73,86 > 3,06. Sehingga diharapkan agar siswa lebih meningkatkan kegiatan belajar kelompok dan berdiskusi mengenai mata pelajaran dengan teman sebaya serta memotivasi diri untuk belajar dengan rajin sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI