DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL DI SMK YPT BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RENDRA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

 

Muhammad Rendra Saputra, 2018. Pembelajaran Keterampilan Vokasional di SMK YPT Banjarmasin. Pembimbing I Dr. Hj. Sri Setiti, MM dan Pembimbing II Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuy Sang, M.Pd

Kata Kunci : Pembelajaran Vokasional, Keterampilan Vokasional, SMK, SMK YPT Banjarmasin

Pembelajaran Vokasional di SMK YPT di implementasikan pada empat kejuruan kompetensi keahlian yakni; 1. Teknik Pemesinan 2. Teknik Kendaraan Ringan 3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan 4. Teknik Komputer dan Jaringan

Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana perangkat pembelajaran keterampilan vokasional di SMK YPT Banjarmasin 2. Bagaimana kegiatan pembelajaran keterampilan vokasional di SMK YPT Banjarmasin 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran keterampilan vokasional di SMK YPT Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran keterampilan vokasional di SMK YPT Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data digunakan dengan langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

      Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran di SMK YPT Banjarmasin cukup baik, dalam pembelajaran, permasalahan yang dihadapi guru yaitu sarana yang cukup namun kurang lengkap dan keterbatasan waktu, dalam evaluasi batas KKM adalah 70.

Kesimpulan 1. Perangkat pembelajaran keterampilan vokasional di SMK YPT Banjarmasin terdiri dari program tahunan, program semester, silabus dan RPP 2.Kegiatan pembelajaran keterampilan vokasional kelas XI TKR I di SMK YPT Banjarmasin dalam penyampaian materinya dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demosntrasi di kelas maupun ketika praktik di bengkel. Sumber belajar yang digunakan adalah buku manual dari perusahaan otomotif 3.Evaluasi di kelas kelas XI TKR I di SMK YPT Banjarmasin terdiri dari ulangan harian pada setiap akhir bab, UTS, UAS, dan UN yang berbentuk UKK.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI