DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA KERUPUK HARUAN SECARA TRADISIONAL DI DESA KOTA RADEN HULU KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 1982-2017
PENGARANG:Khairatun Nijma
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-01-23


ABSTRAK

Khairatun Nijmah, Nim A1A114201” Usaha Kerupuk Haruan Secara Tradisional Di Desa Kota Raden Hulu Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara dari Tahun 1982-2017”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I, Drs. Rusdi Effendi, M.pd, dan Pembimbing II, Mansyur, S.Pd.,M.Hum.

Kata Kunci : Perkembangan Usaha, Kerupuk Haruan

Latar belakang dipilihnya judul Sejarah Usaha kerupuk haruan Secara Tradisional di Desa Kota Raden Hulu Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 1982-2017. Karena usaha pembuatan kerupuk tersebut sudah dilakukan sejak tahun 1982 sampai sekarang ini dan dari tahun ketahun usaha kerupuk tersebut selalu berkembang. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah baik di darat, laut, sungai maupun rawa. Kalimantan Selatan merupakan salah satu Provinsi yang memiliki kaya sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui, demikian banyak masyarakat yang bekerja memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya salah satunya dibidang perikanan, ikan untuk di jadikan bahan utama untuk pembuatan kerupuk.

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui asal usul berdirinya usaha kerupuk haruan di Desa Kota Raden, bagaimana proses pembuatan kerupuk tersebut, kendala-kendala yang dihadapi dalam pembuatan kerupuk, serta mengetahui sejarah usaha kerupuk haruan dari tahun 1982-2017.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Yang semuanya terdapat empat tahap yaitu pada tahap pertama Heuristik, yaitu pengumpulkan data dengan wawancara, sumber dokumen dan sumber benda. Tahap kedua Kritik Sumber, yaitu keaslian data yang di dapat oleh peneliti dari lapangan. Ketiga tahap Interprestasi, yaitu penafsiran fakta-fakta sejarah yang dikumpulkan. Keempat tahap Historiografi, peneliti melakukan penulisan keseluruh penelitianan secara deskriptif berdasarkan sistematika yang sudah di tetapkan di dalam batasan masalah.

Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa usaha pembuatan kerupuk haruan yang ada di Desa kota Raden sudah dilakukan sejak tahun 1982 hingga sampai saat ini, tidak ada yang berubah dari pembuatan kerupuk tersebut dari bahan-bahan yang digunakan hingga alat-alat yang digunakan untuk membuat kerupuk. kerupuk di Desa Kota Raden ini memiliki rasa yang khas yaitu rasanya yang enak dan gurih warna agak kecoklatan walaupun tanpa menambahkan bahan pewarna, warna kecoklatan itu sendiri di dapat dari warna ikan haruan tersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI